Thursday, March 12, 2009

SCIENCE VERSUS BIBLE


Pertanyaan yang sering saya temui: "Apakah Alkitab masih relevan dengan science modern?" Di balik pertanyaan tersebut ada nuansa pertentangan antara Alkitab dengan science.

Sesungguhnyha science yang BENAR seharusnya tidak bertentangan dengan Kitab suci yang BENAR. (Kata "BENAR" sini patut di perhatikan dengan seksama. Tidak semua science itu benar. Dan juga tidak semua kitab yang diakui oleh masing-masing agama sebagai Kitab Sucinya adalah sungguh-sungguh Kitab Suci yang diwahyukan olah Allah Sang Pencipta. Dalam hal ini saya percaya bahwa kitab suci agama Kristen - 39 pasal kitab Perjanjian Lama dan 27 pasal kitab Perjanjian Baru - adalah kitab-kitab yang diwahyukan oleh Allah. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut di dalam pembahasan yang lain).

Science itu adalah interpretasi terhadap alam ciptaan Tuhan (wahyu umum). Sedangkan Teologi atau pelajaran agama adalah interpretasi terhadap Alkitab (wahyu khusus).
  • SCIENCE (interpretasi) ---> ALAM (fakta/berasal dari Allah)
  • TEOLOGI (interpretasi) ---> ALKITAB (fakta/berasal dari Allah)
Karena science adalah hasil interpretasi, maka science tidak dapat disejajarkan dengan Alkitab. Sebagai hasil interpretasi, science hanya bisa disejajarkan dengan Teologi (atau pelajaran agama) yang juga adalah hasil interpretasi.
  • SCIENCE // TEOLOGI
  • ALAM // ALKITAB
Alam dan Alkitab keduanya berasal dari Allah, keduanya tidak mungkin salah dan keduanya tidak mungkin saling berkontradiksi. Sedangkan science dan teologi adalah hasil interpretasi, maka keduanya mungkin bisa terjadi kesalahan dan keduanya bisa saling berkontradiksi.

SCIENCE (interpretasi) ---> mungkin salah
TEOLOGI (interpretasi) ---> mungkin salah
ALAM (fakta) ---> tidak mungkin salah
ALKITAB (fakta) ---> tidak mungkin salah

Jika ada pertentangan antara science dengan fakta yang terdapat di dalam alam maka sudah pasti science salah. Demikianpula jika terjadi pertentangan antara teologi dengan Alkitab, sudah pasti teologi bersalah.
  • SCIENCE x ALAM = SCIENCE SALAH
  • TEOLOGI x ALKITAB = TEOLOGI SALAH
Jika terdapat pertentangan antara science dengan teologi maka kemungkinannya adalah: salah satunya salah atau kedua-duanya salah.

SCIENCE x TEOLOGI = ....
  • Science benar, teologi salah, atau
  • Science salah, teologi benar, atau
  • Keduanya salah (Science salah, teologi juga salah)
  • (tidak ada alternatif keempat: Science benar, teologi benar).
Sedangkan antara alam dan Alkitab tidak mungkin ada pertentangan, karena kedua-duanya berasal dari Allah. Jikalau terdapat perbedaan pandangan antara ilmuwan dengan rohaniwan, maka kedua pihak harus menguji kembali pandangan mereka masing-masing. Ilmuwan harus meneliti kembali apakah penyelidikannya terhadap alam sudah benar. Rohaniwan juga harus meneliti kembali apakah penyelidikannya terhadap Kitab Suci sudah benar. [VB]

No comments:

Post a Comment